Perkembangan Game
Apa
Itu Game ??
Teknologi game terdiri dari dua kata, yaitu
Teknologi dan Game. Teknologi adalah keseluruhan fasilitas untuk menyediakan
sesuatu yang dibutuhkan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup
manusia. Secara umum teknologi dapat didefinisikan sebagai entitas, benda
maupun bukan benda yang diciptakan secara terpadu melalui perbuatan dan
pemikiran untuk mencapai suatu tujuan.
- Teknologi Game Generasi Pertama (1952-1975)
Teknologi Game pertama kali diciptakan oleh A.S.
Douglas tahun 1952 di Universty of Cambridge yaitu OXO untuk mendemonstrasikan
tesisnya mengenai interaksi antara komputer dan manusia. Kemudian Douglas berkreasi
lagi dengan menciptakan game versi Tic-Tac-Toe yang
diprogram pada komputer EDSAC vaccum-tube yang memiliki layar CRT
(Cathode Ray Tube).
Kemudian William Higinbotham menciptakan game Tennis
for Two pada tahun 1958 yang dimainkan di osiloskop. Game sederhana yang
menampilkan lapangan tennis dari samping ini memperlihatkan seolah bola
dipengaruhi oleh gravitasi dan harus melewati net.
Pada tahun 1961 dimana komputer merupakan barang
yang bisa dikatakan sangat mewah, Steve Russel membuat game bernama Spacewar
karena ketertarikannya dengan kisah fiksi ilmiah karangan Edward E Smith yang
berjudul Skylark. Memanfaatkan pekerjaannya yang menggunakan komputer mainframe
MIT PDP-1 yang biasa dipakai untuk perhitungan statistik, Steve membuat
Spacewar.
Video game mengalami awal perkembangan pada tahun 1996 oleh
mahasiswa-mahasiswa pada tahun itu memanfaatkan fasilitas teknologi yang ada di
kampusnya untuk menyalurkan kreatifitas.
Kemudian menjadi lebih berkembang lagi ketika untuk
pertama kalinya dirilis perngkat video game pada tahun 1972 untuk pasar
rumahan Magnavox Odyssey yang dihubungkan dengan televisi.
Tetapi pada tahun 1975 produsen magnavox berhenti
memproduksi odyssey karena berhasil mengenalkan mikroprosesor berbasis konsol.
Sebagai gantinya, Magnavox memproduksi Odyssey 100, yaitu mesin yang khusus
menyajikan game Pong.
- Teknologi Game Generasi Kedua (1976-1983)
Teknologi Game generasi kedua ini biasa disebut
sebagai debut pertama 8 bit atau kurang lebih 4 bit dalam sejarah komputer
dan video game. Pada tahun 1976, dunia game dihidupkan kembali oleh Fairchild
dengan karyanya yaitu VES (Video Entertainment System).
Pada generasi kedua ini menjadi primadona konsol
game yang diantaranya adalah Fairchild Channel F, Magnavox Odyssey versi 2,
Attari 2600, dan Attari 5200.
Pada tahun 1980, berbagai produsen konsol
muncul dan menjadikan Atari 2600 sebagai konsep dasar. Sehingga perkembangan
dunia game menjadi semakin pesat.
Generasi kedua ini juga ditandai dengan game Arcade
3D pertama keluaran Atari yaitu Battlezone, Pac-Man keluaran
Namco, Game & Watch seri video game-handheld
keluaran Nintendo, dan juga APF yang
mengeluarkan Imagination Machine yang merupakan add-on komputer untuk
video game rumahan APF MP-100.
Pada tahun 1983 eksistensi dunia game mulai menurun
karena kurang kreatifnya para pencipta game. Terlebih lagi perkembangan PC
semakin canggih, sehingga orang-orang lebih tertarik membeli PC daripada
membeli konsol video game.
- Teknologi Game Generasi Ketiga (1983-1986)
Konsol bernama Famicon/Nintendo Entertainment System
(NES) yang dirilis di akhir tahun 1983 menjadi gebrakan baru yang diciptakan
oleh perusahaan bernama FAMICOM di Jepang. Konsol yang diciptakan FAMICOM ini
merupakan konsol yang pertama kali menampilkan gambar dan animasi resolusi
tinggi.
FAMICOM atau yang lebih dikenal dengan Nintendo ini
memiliki chip pengaman pada cartridge game mereka, sehingga seluruh game yang
akan dirilis harus dengan seizin Nintendo. Kemudian muncul game legendaris yang
sampai saat ini masih memiliki banyak peminat, yaitu Super Mario.
Karena munculnya super mario yang dengan cepat
booming, banyak perusahaan sofware maupun hardware yang menghentikan
produksinya. Bahkan Nintendo memperluas pemasarannya ke Amerika.
Pada era ini produksi Nintendo mendominasi di
Amerika dan merajai pasar video game, sehingga terjadi perang konsol game
antara perusahaan konsol game Nintendo dengan SEGA.
- Teknologi Game Generasi Keempat (1988-1993)
Teknologi Game generasi empat ini disebut dengan
generasi 16 bit yang membawa perubahan pada gameplay, tata suara, grafik. Pada
tahun 1988, Nintendo mendapatkan sambutan hangat oleh dunia. SEGA yang
menyaingi Nintendo, merilis generasi konsol selanjutnya yaitu Sega Mega Drive.
Hal tersebut membuat persaingan antara SEGA dan
Nintendo semakin ketat. Meskipun konsol dari SEGA ini memiliki gambar yang
lebih tajam dan animasinya lebih halus dibandingkan Nintendo, tetapi tetap saja
Nintendo berada di titik penjualan tertinggi.
Nintendo kembali mengeluarkan konsol generasi baru
mereka pada tahun 1990, yaitu SNES (Super Nintendo Entertainment System).
Meskipun ada beberapa saingan produsen konsol seperti NEC dan SNK, tetapi kedua
konsol Nintendo tetap menduduki konsol terpopuler.
Pada tahun 1990 pula SEGA mengeluarkan Sega
Megadrive yang menyita perhatian para pencinta game, terutama Amerika. Kemudian
SEGA melanjutkan produksi di tahun 1991 dengan game Sonic the Hedgehognya. Game
tersebut juga membuat para pencinta game kareka kualitasnya yang jauh lebih
baik daripada Super Mario ciptaan Nintendo.
- Teknologi Game Generasi Kelima (1994-1999)
Pada tahun 1994, Atari kembali meluncurkan konsol
untuk menyaingi konsol dari SEGA dan Nintendo. Atari Jaguar menyaingi
kecanggihan SNES dan Mega Drive, tetapi penggunaannya yang sulit membuat
tertarik pencinta game. Terlebih lagi pada saat itu Sony mengeluarkan konsol
berbasis CD yang super legendaris.
Di Teknologi Game generasi lima inilah muncul konsol
game yang bernama playstation yang diluncurkan oleh Sony. Generasi ini juga
bisa disebut dengan era konsol 32 bit.
Konsol berbasis CD keluaran Sony menuai sukses untuk
keluaran pertamanya yang kemudian menjadi konsol terlaris sepanjang masa.
Karena merasa tersaingi, Nintendo meluncurkan Nintendo 64 dan SEGA merilis .
- Teknologi Game Generasi Keenam (2000-Sekarang)
Teknologi Game generasi enam ini masih dikuasai oleh
Sony. Pada tahun 2000, Sony semakin merajalela dengan merilis Playstation 2
yang berbasis DVD yang ukurannya lebih kecil. Xbox yang merupakan keluaran
Microsoft adalah satu-satunya saingan Playstation.
Meskipun tampilan Xbox sangat tajam dan berkualitas,
tapi ternyata game Xbox tidak bisa mengalahkan populernya Playstation
2. Sampai saat ini sony sudah meluncurkan Playstation versi 3, dan disusul
versi ke 4.
Refrensi :
https://teg849.wordpress.com/perkembangan-game/
https://www.klikmania.net/sejarah-dan-perkembangan-teknologi-game/
https://www.idntimes.com/tech/games/abraham-herdyanto/10-tahap-perkembangan-sejarah-video-game-dari-era-awal-hingga-sekarang-1/full
Komentar
Posting Komentar