Pemodelan Grafik


1)      Pengertian Desain dan Pemodelan Grafis
Desain merupakan suatu perencanaan ketika ingin membuat suatu sistem,objek atau arsitektur. Desain di buat dengan melihat berbagai persoalan atau aspek yang ada dan kemudian di jadikan suatu kesatuan guna melahirkan suatu ide perancangan yang nantinya akan menjadi objek baru atau objek yang nyata. Desain juga dapat dikatakan sebagai konsep tentang sesuatu,karena desain dapat di sertakan dalam proposal,gambar,model maupun deskripsi.
Pemodelan merupakan penggambaran atau reprensentasi yang mewakili objek-objek menjadi bentuk bagan atau grafik sehingga mudah untuk di baca atau di pahami oleh orang lain.
Grafik merupakan kombinasi data-data baik berupa angka, huruf, simbol, gambar, lambang, perkataan,lukisan yang di sajikan dalam sebuah media dengan tujuan memberi gambaran tentang suatu data yang ada,khususnya untuk menyampaikan informasi kepada pembaca.

2)      Prinsip dan Unsur Desain Grafis

Dalam desain grafis juga terdapat prinsip-prinsip tertentu. Desain grafis memiliki 6 buah prinsip yang akan di jabarkan dibawah ini :

a)      Kesederhanaan

Prinsip kesederahaan dalam desain grafis bertujuan untuk mengatur sebuah desain mudah di mengerti maksudnya dan enak untuk di pandang,tidak terlihat rumit,flat atau membuat pusing.Misal dalam hal penggunaan elemen ruang kosong (white space) dan tidak menggunakan banyak aksesoris tambahan atau seperlunya saja.

b)    Keseimbangan

Prinsip keseimbangan di bagi menjadi 2 tipe,yaitu :

·         Keseimbangan formal, memberikan kesan sempurna,resmi,kokoh,yakin dan bergengsi. Keseimbangan formal juga dapat menyinggung mengenai konsistensi dalam penggunaan berbagai elemen desain.Misalnya pemilihan warna dalam pembuatan logo.

·         Keseimbangan non formal, merupakan keseimbangan yang mengandalkan visual seperti skala,kontras,warna untuk mencapai keseimbangan dengan tidak beraturan


c)    Kesatuan

Prinsip kesatuan adalah koherensi,konsistensi,ketunggalan atau keutuhan yang merupakan isi pokok dari komposisi. Contohnya adalah illustrasi,garis dan teks di beri raster sehingga memberikan kesan kesatuan terhadap pesan yang di maksud.


d)    Penekanan

Prinsip penekanan di maksudkan untuk menarik perhatian pembaca atau orang yang melihat,sehingga ia mau melihat atau membaca bagian desain yang di maksud.Penekanan dapat di lakukan dengan pembesaran ukuran huruf pada judul atau permainan kontras warna,garis,tekstur dan motif.

e)    Irama

Prinsip irama merupakan pengulangan unsur-unsur pendukung karya seni. Definisi lain dari irama adalah sejumlah elemen berbentuk sama yang di ulang-ulang dengan ukuran atau tempo interval tertentu.

f)     Proposisi

Prinsip proposisi merupakan prinsip dasar tata rupa untuk memperoleh keserasian.Untuk mencapai keserasian sebuah desain tentu memerlukan perbandingan-perbandingan yang pas antara elemen yang satu dengan yang lainnya. Proposisi dapat di gunakan ketika membuat suatu bentuk sehingga ukurannya sama atau seimbang atau bisa juga dalam proses pemilihan warna agar warna yang di aplikasikan ke desain bisa berpadu dengan baik antara satu dengan yang lain.

Ø  Unsur Desain Grafis

Terdapat beberapa unsur yang ada di dalam desain grafis yang akan di jelaskan di bawah ini :

a)      Garis

Garis adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik point dengan titik point lain sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau garis lurus (straight).Garis merupakan unsur utama dalam membangun bentuk atau konstruksi desai.

Secara orientasi garis terdiri dari beberapa model :

·         Garis lurus Horizontal memilki kesan sugesti ketenangan atau hal yang tak bergerak.
·         Garis lurus Vertikal memiliki kesan stabilitas,kekuatan atau kemegahan.
·         Garis lurus miring diagonal memiliki kesan tidak stabil atau dinamika.
·         Garis lurus melengkung (kurva) memiliki kesan keanggunan dan halus.

b)    Bentuk (Shape)


Bentuk di hasilkan dari perpaduan antara garis-garis yang tersusun sedemikian rupa. Berdasarkan dimensinya,sebuah bentuk dapat di bagi menjadi 2 dimensi (dwimatra) atau 3 dimensi (trimatra). Bentuk yang efektif akan membuat para audience merasa termotivasi,menginsipirasi karena tiap bentuk yang ada memiliki arti berbeda-beda.

c)    Warna
Warna merupakan faktor yang penting dalam komunikasi visual,ini di karenakan tiap warna memiliki karakteristik dan artian sendiri.Warna juga dapat memberikan dampak psikologis,sugesti dan suasana bagi yang melihatnya.
d)    Huruf/Tipografi
Merupakan seni memilih dan menata huruf pada ruang dengan tujuan menciptakan kesan khusus.Huruf di bagi menjadi beberapa gaya,yaitu :
·          Huruf tanpa kait (sans serif) : Arial dan Tahoma
·         Huruf berkait (serif)              : Times Roman dan Garamond
·         Huruf tulis (script)                 : Brushscript,Mistral dan Shelley
·         Huruf dekoratif                      : Augsburger initial,dll.
·         Huruf monoscape                   : Corrier,Monotype Corsiva,OCR.

e)    Ruang (Space)
Dengan penataan ruang yang baik maka sebuah desain dapat di rasakan terlihat jauh-dekat,tinggi-rendah,besar-kecil dan kosong-padat. Dalam desain,sebuah ruang kosong bukan berarti ruangan tersebut tidak bermanfaat,melainkan dengan adanya ruang tersebut desain menjadi lebih mudah di cerna dan terfokus sehingga lebih komunikatif dan menarik.

3)      Perkembangan Desain Grafis Diberbagai Bidang

Ø  Berkembangnya Desain Grafis
Pada awalnya, media desain grafis hanya terbatas pada media cetak dwi matra (dua dimensi). Namun, perkembangannya semakin tidak terbendung, bahkan justru merambah ke dunia multimedia (diantaranya audio dan video). desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia. Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.
Ø  Elemen-elemen dalam Desain
Elemen atau unsur merupakan bagian dari suatu karya desain. Elemen-elemen tersebut saling berhubungan satu sama lain. Masing-masing memiliki sikap tertentu terhadap yang lain, misalnya sebuah garis mengandung warna dan juga memiliki style garis yang utuh, yang terputus-putus, yang memiliki tekstur bentuk, dsb. Elemen-elemen seni visual tersusun dalam satu bentuk organisasi dasar pronsip-prinsip penyusunan atau prinsip-prinsip desain. Dalam hal ini, susunan tersebut sering kali dijadikan dasar pertimbangan atas suatu kritik seni.
Ø  Prinsip dan unsur desain

Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi (”proportion”) dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.

Ø  Prinsip dan unsur desain

Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi (”proportion”) dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.
Ø  Beberapa Software Dalam Desain Grafis

Perkembangan software tentunya akan menghasilkan gambar yang mempunyai nilai seni yang tinggi. Hal ini tentunya tidak terlepas dari penggunaan software. Ada beberapa software yang digunakan dalam hal desain grafis antara lain :

·         Adobe Photoshop
·         Adobe Illustrator
·         Adobe After Effect
·         CorelDraw
·         Macromedia Freehand
·         dll

Dalam hal ini, untuk menghasilkan suatu gambar yang mempunyai nilai seni tinggi tidak sekedar pengguasaan software itu sendiri tetapi lebih cendrung kepada seni dan kreatifitas serta imajinasi dalam menuangkan ke dalam gambar tersebut.

4)      Pengaruh Kebudayaan dan Teknologi

Ø  Pengaruh Kebudayaan

Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat karena kebudayaan merupaka sarana hasil karya, rasa dan cipta masyarakat. Budaya  digunakan sebagai sumber pemikiran untuk mengambangkan suatu desain grafis. Dalam pengaruhnya dibidang desain grafis dapat kita lihat dalam pembuatan kerajinan daerah seperti batik.

Ø  Pengaruh Teknologi

Dalam hampir dua dekade ini teknologi komputer telah mempengaruhi perkembangan desain secara umum, dan desain grafis secara khusus. Secara perlahan dan hampir tidak terbatas, teknologi yang satu ini mendorong terjadinya banyak perubahan dalam desain grafis. Bila Anda masih mempunyai majalah, kemasan produk, atau iklan yang dikeluarkan sekitar enam puluhan, cobalah amati dan bandingkan dengan produk sejenis yang keluar sekitar dua dasawarsa terakhir, Perubahan telah terjadi di sana-sini. Sangat jarang kita temui iklan dengan gambar outline dan back ground satau warna primer seperti yang sering muncul di iklan-iklan cetak enam puluhan. Halaman-halamn majalah kini menjadi begitu berwarna dengan model, warna-warna, komposisi yang terasa begitu nyata.


Daftar Pustaka
Primagraphia,2015,Memahami Desain Pemodelan Grafik,[online],(http://www.primagraphia.co.id/memahami-desain-pemodelan-grafik.html, di akses tanggal 21 September 2017 jam 13.15)

Vdshared,2011,Tujuan Desain,[online],(http://vdshared.com/index.php/tekologi-56/54-teori/91-tujuan-desain, diakses tanggal 21 September 2017 jam 13.32)

Sopian, M,A.,2016,Download Ebook Materi Desain Grafis Bahasa Indonesia,[pdf],(http://muhamadaldisopian.blogspot.co.id/2016/12/download-ebook-materi-desain-grafis.html, di akses tanggal 21 September 2017 jam 14.05)

Definisipengertian,2016,Pengertian Grafik Definisi Fungsi Dan Jenis Grafik,[online],(http://definisipengertian.net/pengertian-grafik-definisi-fungsi-jenis-grafik/, di akses tanggal 21 September 2017 jam 14.15)

Menggaliilmu,2015,6 Prinsip-Prinsip Desain Grafis,[online],(http://www.menggaliilmu.com/2015/10/6-prinsip-prinsip-desain-grafis.html, di akses tanggal 21 September 2017 jam 14.25)


Umardanny,2016,Pengertian Dan Prinsip Desain Poster,[online],(http://umardanny.com/pengertian-dan-prinsip-desain-poster/, di akses tanggal 21 September 2017 jam 14.23)

Komentar

Postingan Populer